Pengadilan Neymar Selesai Setelah Jaksa Spanyol Menjatuhkan Tuntutan

Pengadilan Neymar Selesai Setelah Jaksa Spanyol Menjatuhkan Tuntutan

Raidersmerciless.com, Persidangan superstar Brasil Neymar di Spanyol atas transfernya ke Barcelona pada 2013 diperkirakan selesai Senin setelah jaksa Spanyol pekan lalu membatalkan tuduhan penipuan mereka terhadap pemain. Pemain berusia 30 tahun dan delapan terdakwa lainnya – termasuk orang tuanya yang mengelola urusannya dan dua mantan presiden Barca – akan diizinkan untuk membuat argumen penutup di pengadilan Barcelona. Neymar, yang sekarang bermain untuk Paris Saint-Germain yang pada hari Rabu menghadapi Juventus di Liga Champions, dan orang tuanya telah diberikan izin oleh pengadilan untuk bersaksi melalui konferensi video.

Jaksa Spanyol telah menuntut hukuman penjara dua tahun dan denda 10 juta euro ($9,9 juta) untuk Neymar, anggota kunci tim Brasil yang akan menuju Piala Dunia di Qatar pada November.

Namun dalam langkah yang mengejutkan, jaksa penuntut negara mencabut semua tuntutan pidana terhadap Neymar dan terdakwa lainnya, dengan alasan tidak ada cukup bukti yang diajukan di pengadilan bahwa sebuah kejahatan telah dilakukan.

Namun persidangan terus berlanjut karena perusahaan investasi Brasil DIS, yang bersama-sama membawa kasus tersebut, tetap mempertahankan tuduhannya bahwa para pihak melakukan penipuan dan korupsi.

Kasus ini berpusat pada transfer profil tinggi Neymar dari Santos, klub Brasil di mana ia menjadi terkenal secara global, ke Barcelona hampir satu dekade lalu.

DIS, yang dimiliki oleh pendiri jaringan supermarket, memiliki 40 persen saham hak olahraga Neymar pada saat dia pindah ke Eropa.

Dalam pengaduan 2015 yang diajukan oleh DIS di Spanyol, perusahaan mengklaim bahwa Neymar, Barcelona dan klub Brasil berkolusi untuk menutupi biaya sebenarnya dari transfernya sehingga menipu kepentingan keuangannya yang sah.

Barca mengatakan transfer itu senilai 57,1 juta euro, dengan 40 juta euro dibayarkan ke perusahaan bernama N&N yang mengelola urusan Neymar dan 17,1 juta ke Santos, di mana 6,8 juta di antaranya diberikan kepada DIS.

belum bermain untuk Juve sejak direkrut kembali dari Manchester United pada musim panas, cedera meniskus di lutut kanannya pada Juli.

Dia awalnya memilih untuk tidak menjalani operasi dalam upaya untuk membuat turnamen Qatar yang dimulai pada 20 November. Namun setelah kembali berlatih awal bulan lalu, Pogba berubah pikiran dan memilih untuk menjalani operasi, yang membuatnya absen hingga dua minggu. lalu ketika dia memulai kembali latihan parsial dengan Juve.

Jaksa Spanyol mengatakan mereka yakin nilai sebenarnya setidaknya 83 juta euro.

Neymar mengatakan kepada pengadilan pada hari kedua persidangannya pada 18 Oktober bahwa dia tidak ingat apakah dia mengambil bagian dalam negosiasi atas transfernya ke Barca, dan bahwa dia hanya menandatangani dokumen yang diberikan kepadanya oleh ayahnya.

“Ayah saya selalu bertanggung jawab,” katanya di pengadilan. “Saya menandatangani apa yang dia suruh.”

Semua terdakwa lainnya, termasuk mantan presiden Barca Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell, juga menyangkal melakukan kesalahan.

Jaksa negara bagian Luis Garcia menyarankan bahwa forum yang tepat untuk klaim yang dibuat oleh DIS adalah pengadilan sipil, yang menangani perselisihan antara orang atau organisasi.

“DIS berhak untuk merasa bahwa transfer Neymar seharusnya memberikan keuntungan yang lebih besar, tetapi saya pikir itu telah memilih yurisdiksi yang salah,” katanya kepada pengadilan pada hari Jumat ketika dia mengumumkan bahwa dia membatalkan dakwaan.

Pengadilan diperkirakan akan memberikan putusannya dalam beberapa minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *